Ini Dia Perbedaan Gitar Akustik Elektrik yang Wajib Kamu Tahu

gitar akustik elektrik

Gitar akustik elektrik merupakan dua jenis gitar yang ada di indonesia. Sebenarnya masih banyak jenis gitar yang lain. Akan tetapi yang familiar dan sering digunakan oleh umum adalah gitar akustik elektrik. Bisa dikatakan alat musik gitar merupakan alat musik yang merakyat. Bagaimana tidak, gitar tidak hanya dimiliki oleh para gitaris profesional. Akan tetapi dimiliki oleh semua lapisan masyarakat. Hal ini dikarenakan gitar adalah alat musik yang mudah dimainkan, harga terjangkau dan enak didengar.

Gitar akustik elektrik murah dan gitar akustik elektrik bagus misalnya seperti merk yamaha, gibson dan fender. Di sini tidak akan membahas tentang harga yang lebih spesifik. Melainkan membahas mengenai perbedaan gitar elektrik dan akustik. Yuk langsung simak aja.

  1. Dilihat Dari Segi Suara

Karena menggunakan listrik jadi suara yang dihasilkan oleh gitar akustik lebih kasar. Bagi Anda yang menyukai musik yang lembut sebaiknya memilih gitar akustik saja.

  1. Ditinjau Dari Genre Yang Dimainkan

Jika kita berbicara perihal genre. Tentunya gitar akustik elektrik memiliki perbedaan yang sangat kentara. Untuk gitar akustik biasanya digunakan untuk musik akustik saja. Sedangkan gitar elektrik dipakai dalam beberapa genre. Seperti pop, metal, blues dan beberapa jenis musik lainnya.

  1. Dilihat Dari Senar Gitarnya

Bagi Anda yang kurang teliti pasti mengira bahwa gitar akustik elektrik memiliki senar yang sama. Anda salah dua jenis gitar ini memeiliki jenis senar yang berbeda pula. Gitar akustik memakai senar berbahan nylon. Sementara gitar elektrik menggunakan senar yang berbahan dari nikel. Oke. Jangan mengira jika senar gitar akustik elektrik sama lagi ya, gaes.

  1. Ditinjau Dari Segi Harga

Gitar akustik memiliki harga jual lebih murah jika dibandingkan dengan harga gitar elektrik. Karena gitar elektrik memiliki kelebihan jadi harganya lebih mahal. Harga gitar elektrik berkisar antara satu jutaan.

  1. Jika Diperhatikan Dari Segi Ukuran

Dari segi ukuran pun sebenarnya terlihat jelas. Gitar akustik mempunyai bodi gemuk. Sementara gitar elektrik didesain ramping. Bagian kunci gitar, gitar elektrik memiliki bagian lebih panjang daripada gitar akustik.

  1. Dari Segi Berat

Karena gitar akustik bisa dibuat dari kayu apa saja jadi beratnya lebih ringan. Sementara gitar elektrik dari kayu mahoni dan lebih berat.

  1. Ditinjau Dari Segi Teknologi

gitar akustik elektrik

Gitar elektrik menggunakan teknologi yang lebih canggih dari gitar akustik. Gitar elektrik ini memiliki fitur but-in female jack, yang sudah pasti sudah disediakan slot untuk microphone. Agar apa? Agar saat dimainkan menghasilkan suara yang lebih bagus. Nah, utuk gitar akustik tidak memiliki fitur but-in female jack. Maka dari itu gitar akustik masih membutuhkan microphonw saat dipakai dalam konser.

  1. Dilihat Dari Sisi Penggunaan Setiap Hari

Gitar akustik lebih banyak digunakan oleh masyarakat menengah ke bawah. Hal ini dikarenakan faktor utamanya adalah harga. Iya, harga gitar akustik cenderung lebih murah. Di samping itu cara pemakaiannya pun tidak begitu ribet. Hanya butuh ketelatenan dalam belajar dan jsri yang lincah. Gitar elektrik cenderung dimiliki oleh band band ternama. Dengan alasan suaranya lebih nyaring saat dipakai konser.

  1. Dilihat Dari Segi Perkembangan Gitar Itu Sendiri

Gitar elektrik selalu mengalami kemajuan dalam fitur-fiturnya. Jadi semakin ke sini semakin terlihat keren dan canggih. Sementara gitar akustik tidak mengalami perubahan apapun.

Baca Juga :  Beberapa Merk Gitar Terbaik dan Terbaru Tahun Ini

Setelah membaca 9 perbedaan di atas. Bagaimana masih bingung tidak mengenai perbedaan gitar akustik dan gitar elektrik? Tentunya tidak, bukan. Dengan artikel ini semoga Anda bisa membedakan antara gitar akustik dan elektrik. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply