5 Ikan Hias Air Tawar yang Paling Populer Dikoleksi di Indonesia

ikan hias air tawar

Memelihara ikan hias bagi sebagian orang adalah sebuah peruntungan. Tidak sedikit yang percaya, ikan akan membawa hoki dan rejeki. Khususnya jika mereka memelihara jenis ikan tertentu yang dikeramatkan.

Namun, bagi sebagian orang lainnya, memelihara ikan hias adalah hobi dan sekaligus hiasan. Orang berlomba-lomba mencari ikan hias paling menarik, baik ikan hias air laut maupun ikan hias air tawar, untuk dipajang di bagian rumah mereka, di kolam maupun aquarium, sehingga menambah segi estetis rumah mereka.

Nah, bagi kamu orang yang juga mencari ikan hias, baik untuk peruntungan maupun untuk penghias rumah semata, disarankan memilih ikan hias air tawar. Mengapa demikian? Sebab, pemeliharaan ikan hias air tawar jauh lebih mudah dibandingkan ikan hias air laut. Kamu tidak perlu repot dalam hal mengganti airnya, terutama. Sebab, ikan hias air laut, terkadang tidak bisa hidup lama meskipun air yang digunakan, benar-benar dari laut.

Hal ini disebabkan perlu teknologi lain untuk menjaga agar udara di dalam air laut yang kamu pindahkan kadarnya tetap sama. Karena itu, air harus lebih sering diganti. Kecuali, rumah kamu memang berada di dekat pantai dan kamu dapat dengan mudah mengakses air laut.

Jika kamu memang orang yang tertarik memelihara ikan hias air tawar, ada beberapa rekomendasi mengenai ikan hias air tawar yang populer dan banyak diminati oleh kalangan masyarakat, baik untuk peruntungan maupun untuk hiasan. Berikut 5 ikan hias air tawar yang paling banyak diminati.

5 Ikan Hias Air Tawar yang Paling Populer Dikoleksi di Indonesia

Ikan Arapaima

ikan hias air tawar

Ikan Arapaima atau biasa disebut dengan Arapaima gigas adalah ikan hias yang biasa diminati oleh kalangan menengah ke atas. Ikan ini di Indonesia biasa dikenal dengan sebutan Arapaima, Pirarucu, ataupun Paiche. Ikan ini sebenarnya berasal dari Amerika Selatan—habitat utamanya di sungai Amazon.

Ikan Arapaima gigas, layaknya namanya, memiliki ukuran yang cukup besar, panjangnya dapat mencapai 2,5 hingga 3 meter dengan bobot lebih dari 100 kg ketika dewasa. Oleh karena itu, ikan ini lebih banyak dipelihara di kolam daripada di aquarium. Kecuali, di rumah kamu ada akuarium yang sangat besar layaknya di Seaworld.

Sebenarnya ikan ini sudah mulai terancam di habitat aslinya. Ikan ini banyak diburu untuk diekspor ke berbagai wilayah di dunia, dari habitat aslinya di Amerika Selatan. Karena itu, pemerintah Brazil, sudah melarang perburuan ikan ini untuk dijadikan komoditas ekspor.

Jika memang demikian, mengapa ikan ini diminati dan mengapa ikan ini banyak diminati oleh kalangan menengah ke atas? Sebab, ikan ini dipercaya sebagai simbol kemewahan. Karena jarang dan sulit didapatkan, tidak sedikit yang membudidayakan ikan ini sebagai penanda bahwa mereka adalah orang yang beruntung dan memiliki kekuatan ekonomi mumpuni.

Ikan Arwana

ikan hias air tawar

Ikan Arwana ini populer di kalangan masyarakat Indonesia karena bentuknya yang unik dan konon menyimpan banyak kehokian. Ikan ini memiliki bentuk unik dengan warna sisik yang begitu cantik. Ikan ini juga kerap dijuluki ikan naga atau dragon fish.

Di Indonesia sendiri, ikan Arwana mempunyai habitat asli di Sugai Mahakam dan beberapa sungai di Kalimantan. Ikan ini menjadi komoditas yang cukup mahal. Sebab, selain cantik, ikan ini dipercaya membawa keberuntungan dan berkhasiat menjauhkan diri dari jin jahat.

Ikan ini juga diminati di kalangan menengah atas karena harganya yang cukup mahal. Tidak jarang, orang yang memajang ikan ini di aquariumnya hanya untuk menandakan bahwa dirinya mampu.

Ikan Cupang

ikan hias air tawar

Jika ikan Arapaima dan Arawana adalah ikan yang mahal dan diminati di kalangan menengah ke atas, ikan cupang sebaliknya. Ikan ini populer di kalangan menengah ke bawah. Ikan Cupang harganya cukup murah meriah dan mempunyai sirip yang sangat indah. Karena itu, tidak jarang ikan ini dipajang di aquarium sebagai salah satu penghias rumah.

Ikan ini, bagi sebagian kalangan juga menjadi ikan aduan. Sebab, mereka memang suka bertarung dengan sesamanya. Tidak jarang, anak-anak kecil sering mengadu ikan Cupang untuk kepentingan hasrat mereka pribadi. Selain murah, ikan ini juga termasuk ikan yang tahan banting karena dapat hidup di air yang kurang oksigen. Dengan demikian, kamu tidak perlu takut ikan ini mati jika lupa mengganti air aquarium kamu.

Ikan Guppy

ikan hias air tawar

Ikan ini menjadi salah satu primadona karena keindahan warna dan siripnya. Ikan ini berukuran sangat kecil, namun warnanya sangat memesona. Tak jarang, ikan ini ikut dilombakan untuk kontes ikan hias.

Ikan Guppy jantan memiliki ukuran tubuh sekitar 2—3 cm saja. Sementara itu, ikan betinanya agak sedikit lebih besar, yakni sekitar 4—6 cm. Variasi warna dari ikan ini bermacam-macam, mulai dari kebiruan, kemerahan, kekuningan, bahkan keabu-abuan.

Ikan Koki

ikan hias air tawar

Satu lagi ikan hias yang sering kali dipajang dalam aquarium, yakni ikan koki. Ikan ini memiliki warna yang menarik dan bentuk yang unik. Warna ikan ini kadang keemasan, putih bentol-bentol keemasan, atau hitam kemerahan. Bentuk tubuhnya membuntal dengan sirip-sirip panjang nan memesona.

Ikan koki ini umumnya menjadi komoditas hias karena keindahan tubuhnya. Namun, tak jarang juga yang mengaitkan ikan ini dengan keberuntungan. Beberapa mereka yang percaya, ikan ini dapat menarik pundi-pundi rezeki ke rumah mereka jika ikan ini dipajang di dalam ruang tamu atau ruang depan rumah.

Leave a Reply